Heru C Rustamaji

Pak dosen juga nge-Blog

Simulasi sistem dinamis dengan Powersim

Hari minggu kemarin, beberapa jam saya habiskan untuk mengoprek PowerSim. Suatu tools untuk simulasi sistem dinamis. Ini gara gara karena ditanya mahasiswi di jurusan teknik industri yang sedang mengerjakan skripsi tentang pola rekrut pegawai di perusahaan menggunakan Powersim tersebut. Karena tidak terbiasa belum pernah menggunakan powersim, maka pada awalnya memang sedikit terbata bata…. Namun setelah 3 jam berlalu belajar bersama tutorialnya dan sample-nya…. ternyata mengasyikkan juga. Sebetulnya sistem dinamis bisa pula diselesaikan dengan bahasa pemrograman ‘biasa’ seperti Delphi, C++, Jawa, dll…. Namun ternyata dengan menggunakan PowerSim….. Permasalahan rumit yang kalau di delphi itu perlu ratusan bahkan ribuan baris instruksi, di PowerSim hanya perlu drag and drop saja sudah selesai…… Hari ini sekelumit ilmu telah didapat : menggunakan PowerSim untuk melakukan simulasi sistem dinamis….

April 7, 2008 - Posted by | IT |

5 Komentar »

  1. maaf mas, saya doddy, klo boleh saya minta maaf dulu karena mau ganggu neh…heeeee
    Kebetulan saya sedang sekolah lagi…dan di penelitian saya kemungkinan pake Powersim, kebetulan saya belum punya softwarenya karena klo beli mahal…
    klo boleh tau….mas punya gak softwarenya, klo boleh saya minta softwarenya
    Dan buat sharing saja, saya punya buku tentang analisis sistem dinamis keluaran UI bahasa Indonesia, bagi yang lumayan lengkap, bagi yang butuh silakan email saya, dan bisa ketemuan dengan saya klo mau foto copy boleh
    terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh doddy ari suryanto | Mei 19, 2008 | Balas

  2. Mas..Mahasiswa Universitas Mercubuana..kebetulan mo skripsi..bisa ngak dibantu..tentang penggunaan powerSim..soalnya masih binggung tentang pembacaan grafiknya…

    Komentar oleh Adi Nugroho | Oktober 19, 2008 | Balas

  3. Kepada mas doddy ari suryanto, boleh dong mas copy bukunya, saya anak T. Industri YAI, juga mau skripsi pake Powersim 2.5 constructor. Boleh ketemu di UI Salemba??

    Komentar oleh ERIKSON | November 13, 2008 | Balas

  4. Kepada mas Heru C. R., saya belajarnya dari refference help Powersim Enterprise 2008 Studio 7.0 Demo version, memang agak berbeda dengan yang lama, Construction mode version 2.5. Yang mas pelajari, dari software terbaru atau yang lama?? Yang agak njelimet adalah membuat pengembangan modelnya dari problem statement. Ada beberepa thesis yang saya pelajari, tetapi belum ada yang menggunakan versi terbaru (Enterprise mode), masih version 2.5. Boleh beberapa refferensi/literatue dari mas tentang Powersim dan Simulasi Sistem Dinamis??? Pliiiis…..

    Komentar oleh ERIKSON | November 13, 2008 | Balas

  5. Bisa minta emailnya doddy ary suryanto

    Komentar oleh Sudirman | Desember 4, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

